Topologi Wireless LAN UBK

Salah satu proses pembelajaran adalah evaluasi hasil belajar. Untuk memudahkan para pendidik dalam mengevaluasi hasil pembelajaran diperlukan teknologi yang mumpuni, efektif dan efisien. Satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi ujian berbasis komputer (UBK).

Di SMP Negeri 3 Batam sudah beberapa tahun melaksanakan UBK. Namun infrastruktur yang digunakan masih sederhana. Saat ini kami belum menggunakan router Mikrotik. Topologi jaringan komputer yang digunakan hanya dari server ke unmanaged switch lalu ke access point di ruang kelas. 1 server hanya bisa menampung sekitar 80an peserta didik bersamaan. Dengan jumlah peserta didik dalam satu jenjang mencapai 500 anak, kami membutuhkan 6 server dan 12 access point. Tentu ini tidak efisien.

Untuk itu, kami merencanakan menggunakan router Mikrotik dan managed switch untuk mengelola jaringan wireless LAN supaya lebih efisien. Cukup menggunakan 1 server dan 6 access point, insya Allah, bisa menampung peserta didik untuk 1 jenjang yang berjumlah 500 anak secara bersamaan.

Rencana Topologi Wireless LAN UBK tersebut sebagai berikut.

Topologi-WLAN-UBK-Skema-2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *