Suasana Verifikasi Berkas PPDB SMP Negeri 3 Batam

Verifikasi berkas merupakan proses PPDB yang membutuhkan ketelitian, dan kesabaran. Ada saja berkas yang diunggah oleh orangtua/wali pendaftar kurang lengkap dan atau tidak sesuai.

Apabila berkas tidak lengkap atau tidak sesuai, verifikator menolak pendaftaran dan memberikan catatan, lalu aplikasi akan mengirimkan informasi tersebut melalui pesan WhatsApp. Pendaftar diminta untuk melengkapi berkas atau memperbaiki data kemudian mengkonfirmasi ulang.

Selain pesan WhatsApp, verifikator juga menelpon langsung orangtua/wali untuk memastikan pesan telah sampai dan meminta untuk segera memperbaiki data atau melengkapi berkas. Namun, sampai hari terakhir pendaftaran ditemukan 17 data pendaftar yang tidak mengkonfirmasi ulang sehingga nama anaknya tidak terdaftar pada aplikasi PPDB. Ketika dikonfirmasi oleh verifikator dengan menelpon langsung, hal ini terjadi karena kesibukan orangtua yang tidak memperhatikan lagi perkembangan proses PPDB anaknya, gagal paham dengan aplikasi sehingga tidak sampai pada menu konfirmasi (kumpul data & berkas). Juga ditemukan kasus, nama anaknya tidak terdaftar di sekolah manapun. Ini disebabkan karena tidak memilih pilihan sekolah dan tidak konfirmasi.

Secara umum, proses PPDB 2021 ini berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala dengan akses aplikasi PPDB seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Alhamdulillah, semoga ke depannya PPDB Batam semakin baik. Aamiiiin.

Terima kasih kepada tim PPDB Dinas Pendidikan Kota Batam, tim aplikasi PPDB, dan semua panitia PPDB SMP Negeri 3 Batam. Sukses selalu.

Verifikator Edi Puspa & Hari Santoso
Verifikator Nasimun
Verifikator Hendra Kirana
Verifikator Eva Agustina Harahap & Hari Santoso
Verifikator Riri Firmasari, Hendra Kirana, dan Rika Sriyani
Verifikator Nasimun & Sekretaris Sutejo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *