Tabebuya

Halaman SMPN 3 Batam lagi berseri-seri menyambut masa awal belajar tatap muka dimulai. Warna pink oriental dan dusty pink mewarnai langit biru sekolah kami. Rasanya seperti suasananya sekolah di Jepang dengan bunga sakura pada musim semi. Yaa….. Bunga Tabebuya di halaman sekolah kami sedang bersemi . Cantik sekali karena terlihat kontras dengan langit biru.

Tanaman Tabebuya ( Handroanthus sp ) berbentuk pohon, bunganya berbentuk terompet bergerombol mendominasi pohon. Tanaman ini berasal dari negara Brasil dengan variasi bunga dusty pink, kuning, putih, magenta, plum , merah tua atau ungu . Tiap spesies menampilkan warna yg berbeda.

Foto dari pak Yeri Estu Isdhiantara.

Tanaman Tabebuya sering dianggap sebagai tanaman bunga Sakura oleh kebanyakan orang, karena bentuknya mirip seperti bunga Sakura. Namun kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat. Tabebuya berasal dari family Bignoniaceae, sedangkan bunga Sakura termasuk family Rosaceae. Tampilan tanaman berbentuk pohon dengan bunga berwaran pink membuat kedua tanaman ini sering dianggap sama.

Foto dari bu Tionorma Sitanggang.

Pohon Tabebuya disarankan menjadi tanaman hias karena daunnya tidak mudah rontok, hidup nyaman di daerah tropis. Disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat. Selain itu akar Tabebuya tidak merusak bangunan lantai rumah.
Jenisnya Tabebuya yang tumbuh Di halaman sekolah SMPN 3 Batam adalah Tabebuya pink atau Handroanthus impetiginosus atau Handroanthus heptaphyllus . Tertarik berswafoto dengan sensasi rasa di Jepang??? Yuuk …. bunga Tabebuya siap menanti.

@tionorma_sitanggang @270321

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *