Modul IPA Efektif Kelas VIII Semester 2

TEKANAN ZAT

3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan.

4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada ke dalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan.

A. Tekanan Zat Padat, Cair, Dan Gas
a) Tekanan Zat Padat Jika diamati jejak bebek-bebek dan ayam-ayam itu pada lumpur, akan terlihat bahwa ke dalaman jejak antara kaki ayam dan kaki bebek yang memiliki ukuran relatif sama akan berbeda. Ke dalaman jejak yang ditimbulkan menunjukkan adanya tekanan yang diberikan oleh berat kedua hewan ini terhadap lumpur yang diinjaknya. Lalu, mengapa ke dalaman jejak kaki bebek dan ayam yang ukurannya relatif sama memiliki ke dalaman yang berbeda? Permukaan kaki bebek memiliki selaput yang berfungsi untuk membantu bebek ketika berenang, sedangkan kaki ayam tidak memiliki selaput tersebut. Jika dibandingkan, maka dapat dikatakan bahwa kaki bebek memiliki luas permukaan yang lebih besar dari kaki ayam. Hal inilah yang menyebabkan ke dalaman jejak itu berbeda.

Tekanan pada zat padat merupakan ilustrasi yang nyata untuk dapat memahami pengertian tekanan. Selain tekanan, uraian di atas menyebutkan besaran lain, yaitu luas permukaan dan berat. Dari dua besaran inilah kita dapat membuat definisi tentang tekanan yang tentunya sesuai dengan ilustrasi di atas. Tekanan didefinisikan sebagai besarnya gaya per satuan luas permukaan tempat gaya itu bekerja. Tekanan merupakan besaran skalar karena tidak memiliki …

Baca selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *