Perjuangan Guru Saat Pandemi

Penulis: Siti Rahmi (Guru SMP Negeri 3 Batam)
Editor: Rifqi Risnadyatul Hudha

Dunia, bagian China lebih dahulu mendapatkan wabah covid–19. Melalui berita TV ataupun media daring, wabah ini tersebar beritanya. China selalu dibanggakan sebagai negara yang cepat ilmu sains dan tekhnologinya, khususnya barang elektronik. Saat ini negara tersebut dihebohkan dengan wabah yang mengerikan dinamakan covid‐19.
Tidak hanya itu, kalimat miring tentang China dilayangkan oleh seluruh buliran debu dunia, yaitu China harus dihanguskan. Kini, China jadi kota mati, pupus sudah ilmu China, dan banyak lagi kalimat hujatan untuk negara ini. Kota Wuhan sebagai awal mula wabah, bagai kerupuk yang terkena air, menciut. Lockdown mulai berlaku hingga tidak terlalu terdengar lagi berita China seantero bumi ini.

Indonesia tak luput dari rasa resah. Dari sabang sampai merauke pemimpin dengan sigap memberikan arahan pada masyarakat untuk terhindar dari covid‐19 ini. Begitu juga di dunia pendidikan. Pemerintah setempat meminta semua warga luar negara China diminta pulang ke negara masing-masing, termasuk mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan dengan solusi pendidikan mereka tetap berlanjut dengan daring. Sejak inilah tercetus Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *