Galau Siswa Menghadapi Soal Esai Di UN

BATAM, POSMETRO.CO : Wancana adanya aturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait soal esai dalam Ujian Nasional (UN) 2018 di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, mendapat berbagai komentar di kalangan pelajar. Karena UN kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Salah satunya siswa kelas IX 1 SMPN 3, Tasiwani Yuna (15). Pelajar perempuan ini menuturkan kegalauannya dalam menghadapi UN nanti. Bahkan beberapa temannya juga merasakan hal yang lama.

“Sebelumnya sudah di kasih tahu guru tahun ini UN ada esai untuk mata pelajaran matematika,” ujarnya saat ditemui di sekolahnya, di Sekupang, Kamis (8/2).

Rasa deg-deg-an sebutnya pasti ada. Namun, berkat pemantapan yang diberikan dari sekolah serta bimbingan belajar (Bimbel) dari luar yang beberapa bulan ini sudah ia jalanin untuk menghadapi UN.

“Pada intinya sih, giat belajar. Para guru sebelumnya sudah berpesan jangan takut saat UN nanti. Karenakan mata pelajaran yang diujikan di UN hampir sama dengan yang diajarkan di ekolah,” jelasnya.

Yuna panggilan akrabnya menambahkan dalam waktu dekat ini pihak sekolah juga akan mengelar try out (TO) untuk persiapan Ujian Nasoinal Berbasis Komputer (UNBK) 2018. Untuk empat mata pelajaran yag diujikan yakni IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.

“Nanti simulasi UNBK-nya ditanggal 14-15 Februari di SMPN3 bukan di SMAN 1 lagi. Kalau tahun lalu kita menumpang sekarang kita mandiri,” tambah Kepala Sekolah SMPN 3 Batam, Wiwik Darmiyati.

Sementara, untuk tahun ini sekolah sudah siap melaksanakan UNBK. Meskipun fasilitas seperti komputer belum memadai namun ia bersyukur ada inisiatif para wali murid. Dan UNBK akan dilaksanakan di SMPN3. Sementara untuk jaringan pihaknya sudah menyediakan.  “Kita akui komputer masih kurang tapi wali murid meminjamkan laptopnya,” katanya.

Tahun ini kata Wiwik, UN agak berbeda tahun sebelumnya karena ada esai. Namun ia sudah berpesan agar para murid tidak perlu khawatir. Karena aturan ini berlaku merata kesemua wilayah di Indonesia.

“Tahun ini ada esai untuk mapel Matematika. Jadi kalau dibilang galau tergantung persiapan anak menghadapi UN. Tapi kalau dia giat belajar tentunya tidak ada masalah,” jelasnya.

Tahun ini ada sekitar 462 orang siswa SMPN3 Batam yang akan mengikuti UNBK di April mendatang. Sedangkan untuk keseluruhan di Batam ada bekisar 136 sekolah SMP/sederajat negeri dan swasta yang akan melaksanakan UN. 

Dari data yang didapatkan 55 sekolah melaksanakan UNBK, sembilan diantaranya diikuti SMP Negeri sisanya swasta. Sedangkan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) berjumlah 81 sekolah. 

“Ada beberapa SMPN yang menumpang saat UNBK. Tapi saya tidak ingat sekolah mana saja,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin.

Ia mengakui terkait sarana prasana UNBK memang sebagian sekolah sudah mampu dan ada juga yang belum. Disinggung ada soal esai saat UN, Muslim mengatakan bahwa kebijakan itu sudah diatur dari pusat. Pihaknya hanya menjalankan saja. 

“Selagi sekolah dan anak sudah siap mengahadapinya saya rasa tidak ada masalah. Pada intinya mereka harus giat belajar. Kan sama aja beda cara aja,” pesan Muslim. (hbb)

Sumber:

http://www.posmetro.co/read/2018/02/08/7228/Galau-Siswa-Menghadapi-Soal-Esai-di-UN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *