Guru Semakin Cerdas dengan Si Cerdas

BATAM (HK)-Kehadiran Sistem Informasi Cermat Pendataan Sekolah (Si Cerdas) Batam semakin banyak membantu para guru dalam meng-update data base sekolah berbasis IT. Apalagi pelatihan diberikan Disdik baik lewat Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) maupun Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di masing-masing wilayah kepada para guru terus digesa. Seperti pada pelatihan Si Cerdas di MKKS SMP wilayah I yang terbagi dalam dua tahap, yakni tahap pertama diadakan di Golden Prawn Bengkong, dan tahap kedua digelar di SMPN 31 Batam, Senin (18/5).   
Program Si Cerdas ini tak ubahnya seperti sistem online, namun memuat berbagai menu yang dapat membantu sekolah serta guru dalam perogram Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang dapat memantau peringkat dan nilai dari siswa yang mendaftar serta kapasitas daya tampung penerimaan siswa oleh sekolah. Begitu pula aplikasi Si Cerdas ini mampu memantau absensi siswa, absensi guru, bahkan jumlah guru dan siswa pun bisa diketahui lewat program Si Cerdas Batam.

Begitu pula dengan Si Cerdas, orang tua murid tak perlu repot datang langsung ke sekolah menanyakan bagaimana perkembangan anaknya yang bersekolah masuk atau tidaknya, hanya cukup membuka website sicerdasbatam.go.id melalui internet di gadgetnya langsung bisa terpantau. Intinya progarm ini mebuat guru semakin cerdas, karena program pengelolaan sekolah berbasis internet, menyerupai data pokok pendidikan dasar (Dapodik) Kemendikbud yang isinya mengenai informasi dasa base pendidikan mencakup 8 standar pendidikan.

Bahkan bisa juga dipakai untuk penilaian KTSP dan Kurikulum 2013 (K-13) oleh guru, membuat ASK, KKD dan KKM, serta proses belajar mengajar. Bahkan bisa dijadikan e-leaning, dan ujian atau semester dilakukan secara online. Sedangkan program Si Cerdas sendiri  mengusung Go Green School ramah lingkungan. Pasalnya dapat menghemat penggunaan kertas dalam jumlah yang sangat besar, karena semua data dapat disajikan serba online dimulai dari data sarana, kelas, data siswa, data guru dan staff, absensi, jadwal, RPP, KKM, tugas guru dan siswa. Termasuk sikap dan prikalu kenakalan anak didik bisa dibuat jurnal dilaporkan pada orang tua diakses lewat website berikut foto bukti kenakalan anak, misalnya merokok bisa diuploud ke Si Cerdas ini.

Disdik malah mengkalim, bahkan program Si Cerdas Batam ini merupakan satu-satunya program sistem pendidikan berbasis Informasi Teknologi yang pertama di Sumatera. (men)

Sumber:
http://www.haluankepri.com/pendidikan/77490-guru-semakin-cerdas-dengan-si-cerdas.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *